kelebihan kopi luwak 1024x480 » Yuk Kenali Keunggulan Kopi Luwak

Kopi luwak adalah seduhan air kopi yang berasal dari biji kopi yang dikeluarkan oleh hewan luwak. Kopi luwak yang berasal dari Indonesia ini sudah sangat terkenal di dunia. Keunggulan kopi luwak selain pada rasa dan aromanya juga memiliki kadar kafein dan kadar protein yang berbeda dari kopi robusta atau arabika biasa sebelum dimakan hewan luwak. Selain itu keunggulan kopi luwak dipercaya bisa menambah stamina dan mencegah penyakit.

Hewan luwak merupakan hewan sejenis musang yang suka memakan buah kopi yang sudah masak dan beraroma wangi, namun biji kopi dan kulit arinya tidak dapat dicerna  di dalam perut hewan luwak dan akhirnya biji kopi dikeluarkan bersama kotoran luwak. Ketika berada di dalam pencernaan hewan luwak biji kopi mengalami fermentasi yang alami sekitar 48 jam pada kisaran suhu 20-26,5 derajat celcius sehingga setelah dikeluarkan dari perut hewan luwak rasa biji kopi ini menjadi unik dan khas.

Sejarah Kopi Luwak

Kopi luwak merupakan kopi produksi asli Indonesia. Asal mula kopi luwak berhubungan dengan permulaan budidaya kopi di Indonesia yang dibawa oleh Belanda dari Yaman pada zaman kolonial. Sekitar abad ke-18 Belanda membawa bibit kopi ke Indonesia dan menyuruh orang pribumi menanam dan membudidayakan bibit kopi tersebut untuk kepentingan komersial pemerintah Belanda. Era ini terjadi pada era tanam paksa sekitar tahun 1830 sampai tahun 1870.

kelebihan kopi luwak » Yuk Kenali Keunggulan Kopi Luwak

Pada masa tanam paksa tersebut Belanda membawa seluruh kopi yang dihasilkan di Indonesia untuk dikomersialkan, para penduduk pribumi dilarang keras memetik buah kopi untuk kebutuhan konsumsi pribadi. Penduduk pribumi sering menemukan hewan luwak memakan buah kopi dan mereka menemukan biji kopi yang berserakan yang dikeluarkan dari pencernaan hewan luwak, akhirnya biji kopi tersebut dikumpulkan kemudian dicuci hingga bersih dan diolah dengan penyangraian lalu ditumbuk halus. Mereka mengkonsumsi kopi luwak yang diseduh dengan air panas yang ternyata rasa dan aromanya lebih enak.

Kegemaran kaum pribumi meminum kopi luwak akhirnya diketahui oleh Belanda, dan ternyata orang Belanda sangat menyukai kopi luwak tersebut. Di zaman kolonial Belanda kopi luwak menjadi primadona karena kelezatan rasanya, namun karena kopi luwak sangat langka dan sulit didapatkan sehingga harganya menjadi sangat mahal. Kelangkaan kopi luwak disebabkan hewan luwak dalam sehari semalam hanya bisa menghasilkan kopi luwak sebanyak 0,2-0,4 Kg biji kopi.

Beberapa keunggulan kopi luwak diantaranya sebagai berikut:

  1. Aroma dan rasanya lebih enak

Kopi luwak pada dasarnya adalah kopi jenis robusta atau arabika yang dimakan hewan luwak, namun karena mengalami fermentasi oleh enzim-enzim dan bakteri di dalam pencernaan hewan luwak rasa dan aroma kopi robusta atau arabika tersebut mengalami perubahan, keunggulan kopi luwak yang dirasakan oleh para penggemar kopi luwak aromanya lebih wangi dan kualitas rasanya lebih enak.

  1. Kadar Kafein Kopi Luwak

Keunggulan kopi luwak lainnya adalah kadar kafein kopi luwak dikenal lebih rendah dari kadar kafein kopi robusta atau kopi arabika biasa. Misalnya kopi luwak robusta memiliki kadar kafein sekitar 1,77% lebih rendah dari kopi robusta biasa yang memiliki kandungan kafein sekitar 1,91% [1].

  1. Kadar Protein Kopi Luwak

Protein merupakan pembentuk rasa pahit di dalam biji kopi. Biji kopi robusta biasa yang memiliki kadar protein tertentu ketika mengalami fermentasi di dalam perut hewan luwak dan dikeluarkan bersama kotorannya akan memiliki kadar protein yang lebih rendah. Mungkin protein biji kopi tersebut berkurang saat proses fermentasi di perut hewan luwak, sehingga biji kopi luwak robusta tidak sepahit biji kopi robusta biasa. Kandungan protein kopi luwak robusta adalah 16,23% lebih rendah dari kopi robusta biasa yang berkadar protein sebesar 18,34% [2].

  1. Kandungan bakteri kopi luwak

Massimo menyatakan (dalam Isnayanti, 2012) bahwa kandungan bakteri pada kopi luwak lebih rendah dari kandungan bakteri yang terdapat pada kopi (robusta atau arabika) biasa [3].

  1. Khasiat kopi luwak

Salah satu keunggulan kopi luwak adalah memiliki khasiat bisa mencegah penyakit diabetes dan bisa meningkatkan stamina [4].

  1. Kopi luwak bebas pestisida

Salah satu keunggulan kopi luwak dari kopi biasa adalah pestisida pada kopi luwak sudah dibersihkan secara alami di dalam perut hewan luwak sehingga setelah dikeluarkan dari pencernaan hewan luwak, kopi ini bebas dari pestisida yang berbahaya [5].

Rujukan :

[1], [2], [5] ,  Mahendradata (2012).

[3], [4], Isnayanti (2012).

Artikel Terkait: