Tips Cara Sukses Budidaya Kopi Liberika

panduan budidaya kopi liberika 1024x480 » Tips Cara Sukses Budidaya Kopi Liberika

Persyaratan tumbuh

  1. Iklim

Tanaman kopi Liberika dapat tumbuh dengan baik bila memenuhi kriteria sebagai berikut, diantaranya adalah:

  • Kopi liberika tumbuh dengan baik pada lahan beriklim tropis dan sub tropis, seperti di Indonesia.
  • Kopi liberika sangat sesuai ditanam di lahan yng memiliki ketinggian tempat berkisar antara 0 s/d. 900 meter di atas permukaan laut. Kopi liberika bisa tumbuh dengan baik di daerah pantai atau daerah pasang surut.
  • Curah hujan yang optimal untuk pertumbuhan tanaman kopi liberika berkisar antara 1.250 sampai dengan 3.500 mm/ tahun.
  • Bulan kering yang dibutuhkan untuk budidaya kopi liberika yang optimal berkisar selama 3 bulan dalam 1 tahun.
  • Tanaman kopi liberika tumbuh dengan baik pada suhu udara antara 21 – 30 derajat celcius.
  1. Tanah
  • Lahan tanah yang cocok untuk budidaya kopi liberika adalah tanah datar yang memiliki kesuburan di permukaan sampai kedalaman 100 cm lebih. Sedangkan kemiringan lahan yang optimal maksimal 30%.
  • Kopi liberika bisa tumbuh pada tanah dengan tekstur berlempung atau berpasir yang memiliki kadar bahan organik lebih dari 3,5 % dan kadar Carbon lebih dari 2 % dipermukaan tanah sampai kedalaman 30 cm. Unsur hara tanah harus cukup tersedia seperti unsur N, P, K, Mg dan C.
  • Derajat keasaman tanah atau pH yang optimal pada lahan budidaya kopi liberika antara 4,5 – 6,5.

Elevasi

panduan budidaya kopi liberika » Tips Cara Sukses Budidaya Kopi Liberika

Ketinggian lahan yang sangat sesuai dan sangat optimal bagi budidaya kopi liberika adalah berkisar antara 300-500 meter di atas permukaan laut, dan ketinggian lahan yang sesuai untuk pertumbuhan kopi liberika adalah 0-300 meter di atas permukaan laut dan 600-800 meter di atas permukaan laut, sedangkan ketinggian lahan antara 800-1000 meter di atas permukaan laut kurang sesuai, namun masih bisa digunakan untuk budidaya kopi liberika. Lahan dengan ketinggian diatas 1000 meter di atas permukaan laut tidak cocok untuk budidaya kopi liberika.

Jarak tanam dan lubang tanam

  1. Jarak tanam kopi liberika yang optimal adalah 3,0 m x 3,0 meter dan 4,0 m x 2,5 meter. Jarak tanam dipilih yang paling sesuai dengan luas lahan atau kontur tanah lahan.
  2. Pada lahan kopi liberika tanamlah pohon penaung, baik penaung tetap maupun penaung sementara 1 tahun sebelum penanaman benih kopi liberika.
  3. Pasanglah ajir pada lubang tanam kopi liberika sesuai dengan jarak tanam.
  4. Lubang tanam yang optimal bagi kopi liberika pada dasarnya sama dengan jenis kopi lainnya yaitu 60 cm x 60 cm dipermukaan tanah dan ukuran 40 cm x 40 cm dibagian dasar lubang tanam dengan kedalaman lubang sekitar 60%.
  5. Buatlah lubang tanam 6 bulan sebelum penanaman bibit kopi.
  6. Selama menunggu lahan ditanami kopi liberika dalam jangka waktu 6 bulan lahan bisa ditanami tanaman semusim yang menghasilkan atau memiliki nilai ekonomis seperti tanaman kacang-kacangan, jagung dan lainnya.

Penanaman bibit kopi liberika

Bibit kopi liberika ditanam pada lubang tanam di lahan perkebunan kopi. Gunakan ajir untuk menentukan lubang tanam, selanjutnya bibit kopi liberika dimasukkan ke lubang tanam dengan syarat akarnya tidak ada yang bengkok atau terlipat.

Proses pemupukan, pencegahan penyakit yang menyerang tanaman kopi liberika dan pengobatannya hampir sama dengan jenis kopi lainnnya. Begitu pula pemanenan dan pengolahan biji kopi tidak jauh berbeda dengan jenis kopi lainnya.

Artikel Terkait: