Kopi Sumatera Beraroma Rempah Pegunungan Nan Sejuk

ragam varietas kopi sumatera 1200x480 » Kopi Sumatera Beraroma Rempah Pegunungan Nan Sejuk

Kopi sumatera adalah varietas kopi yang tumbuh dan dibudidayakan di daerah pulau Sumatera, Indonesia. Pada dasarnya kopi sumatera merupakan kopi berjenis arabika dan robusta yang berasal dari Sumatera. Kopi Sumatera beraroma rempah pegunungan nan sejuk yang sudah sangat terkenal dengan rasa tanah pegunungan sejuk yang menyegarkan dan aroma rempah-rempah yang membangkitkan semangat.

Kopi sumatera terdiri dari berbagai sub-jenis kopi yang dikembangkan di masing-masing daerah di dalam wilayah pulau sumatera. Jenis-jenis kopi sumatera yang terkenal diantaranya kopi aceh dan kopi gayo yang berasal dari daerah Aceh, kopi sidikalang berasal dari Sumatera Utara, kopi basemah berasal dari Sumatera Selatan dan kopi lampung yang berasal dari Provinsi Lampung.

ragam varietas kopi sumatera » Kopi Sumatera Beraroma Rempah Pegunungan Nan Sejuk

Citarasa Kopi Sumatera

Kopi sumatera secara umum memiliki citarasa yang dikenal pencinta kopi di seluruh belahan dunia. Penikmat kopi mengenal kopi sumatera beraroma rempah pegunungan nan sejuk dengan rasa tanah yang sejuk yang menyegarkan dan aroma rempah-rempah yang membangkitkan semangat. Aroma kopi robusta sumatera yang menghadirkan rasa dan aroma “tanah” dan “rempah-rempah” menjadi cirikhas dan keunikan tersendiri yang menjadi identitas kopi sumatera yang melekat pada nama besar kopi sumatera.

Jenis Kopi Sumatera

Jenis kopi sumatera diantaranya sebagai berikut :

  1. Kopi Aceh dan Kopi Gayo

Kopi Aceh merupakan kopi yang dihasilkan dari daerah Aceh. Kopi aceh sangat terkenal namanya yang menggambarkan kualitas aroma dan rasanya. Kopi aceh bisa dibilang salah satu kopi berkualitas andalan Indonesia. Indonesia sebagai negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia, dikatakan 40% produksi total kopi Indonesia dihasilkan dari daerah Aceh.

Kopi gayo merupakan kopi arabika yang dibudidayakan di daerah Gayo, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam semenjak jaman kolonial Belanda. Kopi gayo sudah dikenal di dunia dan mendapat penghargaan sebagai kopi arabika organik berkualitas dengan aroma dan citarasa yang kompleks dan kental.

Kopi gayo dikembangkan di tiga kabupaten di wilayah Gayo, provinsi Nangroe Aceh Darussalam, yaitu Kabupaten Aceh Tengah seluas 48.500 hektare, Gayo Lues seluas 7.000, dan Bener Meriah seluas 39.000 hektare. Dengan luas lahan total mencapai sekitar 94.500 hektare produksi kopi gayo menghasilkan produksi kopi terbesar di Asia.

Produksi kopi gayo diekspor ke Amerika Serikat dan Uni Eropa. Permintaan kopi gayo dari Eropa sangat besar dan hampir tidak terpengaruh oleh krisis. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi masyarakat petani kopi di daerah Gayo dan umumnya bagi Indonesia.

  1. Kopi Sidikalang , Sumatera Utara

Kopi sidikalang merupakan kopi yang dihasilkan dari daerah Sidikalang daerah pegunungan sejuk di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Jenis kopi sidikalang sudah dibudidayakan sejak jaman kolonial Belanda. Selain Sidikalang, di daerah Sumatera Utara sendiri terdapat dua daerah penghasil kopi lainnya yang juga sudah terkenal menghasilkan kopi terbaik yaitu daerah Lintongnihuta yang terkenal dengan produk kopi lintong dan daerah Mandailing yang terkenal dengan produk kopi Mandailing atau kopi Mendahling.

Citarasa kopi sidikalang yang mantap sudah terkenal sampai ke mancanegara, bahkan menyaingi citarasa kopi Brazil yang termasuk pada bilangan kopi terbaik di dunia. Kekhasan citarasa dan aroma kopi sidikalang didukung oleh hawa sejuk pegunungan dan kondisi tanah di daerah Bukit Barisan yang berada pada ketinggian 1.500 meter dpl.

  1. Kopi Besemah, Sumatera Selatan

Kopi Besemah adalah produk kopi yang berasal dari Basemah, Sumatera Selatan. Kopi basemah sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Selatan sekaligus menjadi cirikhas daerah tersebut. Sebagian besar kopi basemah merupakan kopi berjenis robusta yang ditanam didaerah perbukitan. Kopi basemah dikenal memiliki aroma dan rasa yang gurih sehingga sangat berkesan bagi para pecinta kopi. Kopi basemah biasa dijual di berbagai daerah di Sumatera Selatan.

Kopi basemah memiliki beberapa sub-varietas yang sangat terkenal diantaranya:

  • Kopi Robusta Pagaralam

Kopi robusta pagaralam adalah kopi basemah yang dihasilkan dari daerah Pagaralam disekitar Gunung Dempo. Keunggulan kopi robusta pagaralam yang paling terkenal adalah aromanya yang wangi. Keharuman kopi robusta pagaralam sudah tercium sebelum kopi diseduh. Bahkan karena aromanya yang khas, kopi robusta pagaralam menjadi kopi terfavorit bagi Ratu Juliana di jaman Belanda. Di kampung Simpang Padang Karet terdapat perkebunan yang menghasilkan kopi robusta pagaralam terbaik yang hasilnya dikirim ke istana ratu Juliana.

  • Kopi Semendo

Kopi semendo adalah kopi basemah yang dihasilkan dari daerah Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Ogan Kumaring Ilir Timur, Kabupaten Lahat dan Kabupaten Empat Lawang. Sebenarnya mutu kopi semendo, baik jenis, rasa maupun aromanya sama dengan kopi basemah yang dihasilkan dari daerah Pagaralam.

  1. Kopi Lampung

Kopi Lampung adalah kopi yang dihasilkan dari daerah Lampung, Sumatera. Kopi lampung ditanam di dataran tinggi atau daerah pegunungan di Provinsi lampung. Jenis kopi yang ditanam di perkebunan kopi di Lampung didominasi oleh jenis kopi robusta lampung. Daerah penghasil kopi yang terbesar di Provinsi Lampung diantaranya daerah  Lampung Barat, Lampung Tengah, dan Tanggamus.

Kopi lampung sudah terkenal mutunya baik di dalam maupun di luar negeri, bahkan kopi lampung bisa dikategorikan salah satu kopi terbaik di Indonesia. Hal ini karena kopi lampung memiliki citarasa dan aroma yang khas dan istimewa sehingga digemari oleh para penikmat kopi.

Secara keseluruhan kopi Sumatera yang beraroma rempah pegunungan nan sejuk dan bermutu ekspor telah menjadi salah satu identitas kopi Indonesia yang dikenal dan diakui kuaitasnya di dunia Internasional.

Artikel Terkait: