Kopi Luwak, Kopi Asli Indonesia yang sudah Mendunia

kopi luwak asli indonesia 1024x480 » Kopi Luwak, Kopi Asli Indonesia yang sudah Mendunia

Kopi luwak adalah salah satu jenis kopi asli Indonesia yang mendunia karena sangat dikenal citarasa dan aromanya yang khas. Kopi luwak merupakan varietas kopi robusta atau kopi arabika yang diolah secara alami melalui proses fermentasi enzim-enzim di dalam perut hewan luwak sehingga menghasilkan biji kopi berkualitas yang memiliki aroma dan rasa yang khas.

Proses Pengolahan Kopi Luwak

  1. Hewan luwak sejenis musang pemakan buah kopi, mencari dan memakan buah kopi matang dimalam hari, sementara biji kopi yang terdapat di dalam buah kopi tidak dicerna didalam perut luwak namun dikeluarkan lagi bersama kotoran luwak setelah melewati proses fermentasi alami oleh enzim di dalam perut luwak.
  2. Biji kopi yang dikeluarkan oleh hewan luwak kemudian dikumpulkan dan diolah melalui proses yang standar dan menghasilkan biji kopi yang berkualitas tinggi baik dari segi kematangan, cita rasa maupun aromanya.

Keunggulan Kopi Luwak

Kopi luwak sebagai kopi asli Indonesia memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

  1. Kopi luwak merupakan kopi berkualitas yang memiliki citarasa yang khas.

Citarasa kopi luwak dari Indonesia sangat disukai masyarakat dunia sejak zaman kolonial Belanda hingga saat ini.

  1. Luwak pemakan buah kopi yang handal, hewan ini hanya memakan buah kopi yang sudah matang dengan kekuatan daya penciumannya, sehingga biji kopi yang dihasilkan merupakan biji kopi pilihan dengan tingkat kematangan tinggi.
  2. Harga kopi luwak sangat tinggi dibanding harga jenis kopi lainnya.

Saat ini nilai jual kopi luwak cukup tinggi bahkan termasuk pada jajaran kopi yang berharga tinggi di dunia, bersaing dengan “Kopi gajah” dari Thailand.

  1. Keunggulan dari sisi wilayah khusus produksi, kopi luwak adalah kopi asli Indonesia yang mendunia.

Kopi Luwak Original

kopi luwak asli indonesia » Kopi Luwak, Kopi Asli Indonesia yang sudah Mendunia

Kopi luwak sering disajikan dalam bentuk original dengan memadukan biji kopi luwak olahan asli dengan gula sehingga menghasilkan rasa kopi luwak yang khas.

Campuran Kopi Luwak

Kopi luwak sering dicampur dengan berbagai jenis campuran seperti campuran dengan susu, cokelat atau kakao, madu dan lain sebagainya. Saat ini telah banyak dihasilkan produk kopi luwak campuran atau racikan (blend) yang dibuat dalam bentuk kopi instan dan kopi luwak yang disajikan di kafe-kafe atau warung kopi.

Produk-produk kopi luwak campuran seperti kopi luwak excelso, kopi luwak vanilla, kopi luwak espresso, kopi luwak nescafe dan lain sebagainya.

Produk kopi luwak yang dikenal diberbagai daerah di belahan dunia diantaranya kopi luwak Indonesia, kopi asli Indonesia yang mendunia, kopi luwak Australia, kopi luwak Boston, kopi luwak Chicago, kopi luwak Denver, kopi luwak Dubai, kopi luwak francais, kopi luwak Hongkong, kopi luwak Houston, kopi luwak Hawaii, kopi luwak London, kopi luwak Malaysia, kopi luwak Ottawa, kopi luwak Philippines, kopi luwak Qatar, kopi luwak San diego, kopi luwak San Francisco, kopi luwak Santa monica, kopi luwak Seattle, kopi luwak Singapore, kopi luwak Thailand, kopi luwak Toronto, kopi luwak Zurich, kopi luwak Vietnam, dan lainnya.

Di Indonesia sendiri terkenal dengan kopi luwak nusantara dan terdapat beberapa jenis kopi luwak yang diproduksi di berbagai daerah diantaranya seperti kopi luwak bali, kopi luwak garut, kopi luwak gayo, kopi luwak jatimulyo malang, kopi luwak jember, kopi luwak jogja, kopi luwak lampung, kopi luwak mataram, kopi luwak wonosalam jombang dan lain sebagainya.

Artikel Terkait: