Cara Mengetahui Aroma dan Citarasa Kopi Instan

mendeteksi aroma citarasa kopi instan 1024x480 » Cara Mengetahui Aroma dan Citarasa Kopi Instan

Analisis sensori merupakan suatu cara untuk mengetahui aroma dan citarasa yang ada pada kopi instan. Pada dasarnya aroma dan citarasa kopi dibentuk oleh kandungan senyawa kimia yang berada di dalam biji kopi. Analisis sensori dilakukan oleh orang yang ahli dalam mencium dan merasakan aroma kopi atau para panelis yang sudah terlatih, namun untuk konsumsi sendiri kita bisa mencoba mengetahui aroma dan citarasa kopi instan yang kita sukai.

Cara mengetahui aroma dan citarasa kopi instan dengan analisis sensori diantaranya dengan merasakan suatu kesan yang paling berpengaruh atau paling dominan ketika mencium aroma kopi atau merasakan seduhan kopi instan.

Untuk mengetahui aroma dan citarasa kopi instan dengan analisis sensori ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

mendeteksi aroma citarasa kopi instan » Cara Mengetahui Aroma dan Citarasa Kopi Instan

Kenampakan Kopi Instan

Cara mengetahui aroma dan citarasa kopi instan tidak terlepas dari pengamatan terhadap kenampakan kopi instan. Kenampakan kopi instan adalah tampilan yang bisa terlihat pada kopi bubuk instan sehingga tiap jenis kopi bisa dibedakan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mencermati penampilan kopi bubuk instan diantaranya:

Warna kopi instan

Warna kopi bubuk instan dibedakan menurut tingkat kecoklatan kopi bubuk. Ada kopi bubuk yang terlihat coklat muda dan ada yang terlihat coklat tua, bahkan ada kopi bubuk yang terlihat hitam. Perbedaan warna bisa disebabkan perbedaan jenis kopi dan perbedaan suhu ketika menyangrai kopi dan lamanya penyangraian.

Tekstur kopi instan

Tekstur kopi bubuk instan ada yang lembut dengan butiran-butiran lembut , dan tekstur kopi bubuk ada yang kasar ketika berbentuk granula-granula yang berserat kasar.

Kerapatan partikel kopi

Kerapatan partikel kopi instan ada yang disebut kopi dengan kerapatan tinggi bila partikel-partikel kopi lembut dengan tekstur yang halus.

Aroma kopi instan

Bau-bauan kopi instan ketika dicium atau dihirup, seperti ada aroma yang menyerupai kacang-kacangan, kayu-kayuan, dan lain sebagainya.

Kelarutan kopi instan

Kelarutan kopi bubuk instan adalah seberapa mudah kopi tersebut larut ketika dicampur air panas.

Kejernihan kopi instan

Kejernihan kopi bubuk instan merupakan kenampakan kopi yang diseduh air panas ada yang tingkat kabut kejernihannya tinggi (agak jernih), dan ada yang tingkat kabut kejernihannya rendah (keruh atau pekat)

Aroma Seduhan Kopi

Cara mengetahui aroma dan citarasa kopi instan umumnya menyerupai aroma berbagai jenis hewan, tanaman, tanah pegunungan dan lain sebagainya, namun umumnya aroma seduhan kopi instan yang sering ditemukan merupakan aroma yang khas seperti yang digambarkan berikut ini*) :

  1. Leather, merupakan aroma kopi instanyang menyerupai aroma hewan atau aroma kulit hewan.
  2. Cocoa, merupakan aroma kopi instanyang menunjukkan aroma cokelat (kakao).
  3. Malty,merupakan aroma kopi instan yang menyerupai biji-bijian yang masih mentah atau belum disangrai (aroma ekstrak biji)
  4. Toasted cereal,merupakan aroma kopi instan  yang menyerupai aroma biji-bijian sangrai dan citarasa roti yang dipanggang.
  5. Nutty, merupakan aroma kopi instanyang menyerupai aroma kacang-kacangan yang masih segar.
  6. Barthy, merupakan aroma kopi instanyang menyerupai aroma kentang mentah atau seperti aroma tanah.
  7. Spicy, merupakan aroma kopi instanyang menyerupai aroma rempah pegunungan seperti ada aroma cengkeh atau aroma sirih, dan lain sebagainya.
  8. Roasted, merupakan aroma kopi sangrai dari tingkat penyangraian ringan sampai aroma penyangraian menyerupai aroma kayu bakar.
  9. Acidic odour, merupakan aroma kopi instan yang menyerupai aroma keasaman buah segar.
  10. Sweet odour, merupakan aroma kopi instanyang menyerupai aroma karamel atau aroma gula yang dipanaskan.
  11. Mushroom, merupakan aroma kopi instanyang menyerupai aroma jamur-jamuran.
  12. Fenugreek, merupakan aroma kopi instanyang menyerupai aroma campuran gurih dan pedas, seperti aroma yang terdapat pada daging panas dicampur lada atau merica.
  13. Root, merupakan aroma kopi instanyang menyerupai aroma ubi jalar dalam keadaan panas (direbus).

*)Sumber : Geel et al. (2005)

Artikel Terkait: